Rabu, 03 Januari 2024

Aplikasi/pemanfaatan getaran dalam kehidupan sehari-hari

Aplikasi/pemanfaatan getaran dalam kehidupan sehari-hari




Sumber foto: Latis.Education.Com



Manfaat Kesehatan 

Dalam dunia kesehatan getaran juga sering kali dimanfaatkan, misalnya saja, penerapan getaran di sektor getaran yaitu terapi getaran. Terapi getaran sering digunakan sebagai metode pengobatan alternatif untuk mengatasi penyakit tertentu seperti penyakit parkinson. Selain itu, getaran juga membantu para dokter dalam melakukan diagnosa penyakit tertentu. Contohnya, yaitu pada alat stetoskop. Stetoskop dapat membantu dokter dengan mengoptimalkan penginderaan suara dan getaran dari organ-organ dalam tubuh.


Manfaat Industri

Sektor industri merupakan bidang yang sering memanfaatkan getaran untuk meningkatkan efisiensi sistem. Getaran dapat digunakan untuk mengoptimalkan fungsi mesin atau alat yang digunakan dalam proses produksi di suatu industri. Contoh penerapan getaran di dunia industri yaitu penggunaan mesin getar untuk mempercepat proses pengayakan atau menyaring bahan mentah seperti tepung dan bahan tambang, dan masih banyak contoh lainnya. Namun, perlu diingat meskipun getaran memiliki banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, namun getaran yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat berpotensi merusak. Misalnya, getaran yang kuat dan berlebihan dapat merusak bangunan ataupun mengganggu pendengaran.

Contoh:

Getaran Senar Gitar

Ketika bermain gitar, tentu yang diharapkan yaitu suara dari senar gitar yang sedang dipetik. Ketika senar gitar dipetik, maka seketika akan mengalami getaran.

Getaran senar itulah yang kemudian membuat udara yang ada dalam tabung gitar bergetar dan menekan udara sekitar dan membuat gelombang bunyi.

Senar gitar yang dipetik kemudian akan membuat gelombang bunyi merambat ke segala arah hingga sampai ke telinga.

Ayunan Anak

Sering kali para ibu-ibu menidurkan anaknya dengan mengayunkan selendang yang tergantung di atap rumah, ataupun anak-anak yang bermain di ayunan dengan asyik.

Ayunan tersebut termasuk salah satu contoh getaran yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika anak-anak bermain ayunan, amak ayunan akan memiliki jarak lepas yang berbeda dari titik gantung. Jarak tersebut dikenal dengan amplitudo dalam fisika.

Sumber: https://mamikos.com/info/contoh-getaran-dalam-kehidupan-sehari-hari-pljr/




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poster Mitigasi Bencana Gempa Bumi

Layers of the Atmosphere Education Infographic in Blue Realistic Style oleh NOBELTA ADVENSIA PUTRI SUNARNO